Artikel
Ingin Bebas Dari Hutang? Hindari 8 Kebiasaan Buruk Ini

Tgl. Posting : 09 Januari 2018   Diposting Oleh : Koperasi   Dibaca : 144 Kali

Ingin Bebas Dari Hutang? Hindari 8 Kebiasaan Buruk Ini

 

Hutang merupakan salah satu sumber masalah terbesar dalam keuangan yang merampok ketenangan, kenyamanan dan kesejahteraan hidup. Jika tidak dikelola dengan baik, kepemilikan segala sesuatu yang disanggupi dengan hutang hanya dapat dinikmati sementara dan akan diiringi dengan pengorbanan akan kehilangan segalanya secara bertahap.

Jika Anda ingin mengurangi atau bebas dari hutang dan hidup sejahtera, maka berikut ini adalah 10 kebiasaan buruk yang harus dihindari :

1. Telat Membayar Tagihan

Mengulur waktu untuk membayar tagihan tidak hanya akan membebani Anda dengan tambahan denda yang akhirnya membuat tagihan membengkak, namun juga menghadapi risiko penghentian layanan penting seperti listrik, telpon dan jaminan medis atau bahkan penarikan kendaraan seperti motor dan mobil.

Jika tertundanya pembayaran tagihan hanya dikarenakan kesulitan untuk mengingat saat jatuh tempo (lupa), manfaatkanlah teknologi yang dibuat untuk mempermudah hidup Anda, seperti fitur pengingat di ponsel genggam, laptop dan komputer, atau gunakanlah cara konvensional dengan menandai kalender yang diletakkan di tempat yang sering Anda lalui.

2. Mengabaikan Tabungan

Tabungan tidak hanya menjadi penunjang untuk meraih cita-cita, namun juga sebagai dana cadangan disaat menghadapi masa-masa sulit. Sementara saat darurat dapat berkunjung kapan saja tanpa undangan, maka ingatlah selalu pepatah yang mengatakan “sediakan payung sebelum hujan”.

Wujud saat darurat dapat bervariasi, dimana hampir semuanya membutuhkan dana. Jika Anda mengabaikan tabungan dan tidak memiliki simpanan dana darurat, maka hutang akan menjadi solusi pertama yang terlintas di benak Anda. Sesuai dengan nilai dan jenis hutang yang Anda dapatkan, kesulitan untuk melunasinya akan menjadi awal dari masalah besar yang secara perlahan tapi pasti akan merenggut ketenangan hidup Anda atau bahkan keluarga Anda sekaligus.

Perencana keuangan merekomendasikan untuk selalu menyimpan dana setidaknya tiga sampai enam bulan biaya kebutuhan. Sehingga dalam menghadapi situasi darurat, Anda dapat menyelesaikan masalah yang ada tanpa mengundang masalah baru.

3. Meminjamkan Uang Tanpa Perhitungan

Perlu diketahui bahwa timbulnya hutang juga dapat terjadi dengan meminjamkan uang kepada orang lain.

Jika Anda ingin bebas dari hutang, tentunya Anda juga harus berhati-hati dalam mengolah keuangan dan memperhitungkan pengeluaran. Sebelum Anda menyanggupi untuk meminjamkan uang kepada orang lain, ketahuilah kondisi keuangan pribadi.

Jika Anda tetap memaksakan diri untuk tetap meminjamkan uang disaat kondisi keuangan Anda tergolong meragukan, maka Anda harus siap mencari solusi untuk menghadapi saat darurat tanpa mengharapkan uang yang Anda pinjamkan kembali saat dibutuhkan.

Selain itu Anda juga harus siap menerima kenyataan akan kemungkinan bahwa uang yang Anda pinjamkan tidak akan pernah kembali dan rela menganggapnya sebagai hadiah.

4. Bergantung Pada Kartu Kredit

Kartu kredit memang menawarkan kemudahan dalam hal pembayaran, jika digunakan dengan strategi yang benar, kartu kredit juga dapat memberikan banyak manfaat. Namun perlu disadari bahwa melunasi pembelian dengan kartu kredit artinya membayar dengan hutang.

Jika Anda mulai terbiasa bergantung dan mengandalkan pelunasan setiap transaksi hingga yang terkecil dengan kartu kredit, maka bersiaplah untuk menghadapi tumpukan hutang yang yang akan semakin bertambah dengan sendirinya.

5. Mengabaikan Perbandingan Harga

Dalam memenuhi kebutuhan baik kebutuhan utama ataupun kebutuhan sampingan, kini konsumen dipermudah dengan berbagai pilihan alternatif ataupun harga yang bervariatif. 

Jika Anda selalu langsung menetapkan segalanya pada pilihan pertama dan mengabaikan pilihan yang lain, maka kemungkinan Anda melewati banyak kesempatan untuk mendapatkan yang lebih baik atau lebih menguntungkan.

Seseorang yang ingin keuangannya terkelola dengan baik akan memanfaatkan pilihan alternatif atau perbandingan harga untuk mendapatkan sesuatu secara ekonomis, sehingga jika memungkinkan dengan harga yang sama bisa mendapatkan dua barang tanpa mengurangi fungsi barang yang dibeli.

6. Ceroboh Dalam Merancang Anggaran

Merancang anggaran merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola keuangan. Anda harus mengetahui persis berapa yang Anda hasilkan dan batas kemampuan Anda untuk mengeluarkan dana hingga penghasilan berikutnya tercapai.

Jika Anda tidak teliti dalam merancangnya dan ceroboh dalam mengatur arus lalu lintas keuangan yang masuk dan keluar, maka dapat dipastikan bahwa dana yang Anda miliki tidak akan mencukupi kebutuhan Anda, apalagi menghadapi saat darurat.

Jika ini sampai terjadi, solusi apa yang akan Anda ambil untuk memenuhi kebutuhan Anda?

7. Memaksakan Diri Untuk Tetap Tampil Lebih

Rumput sebrang mungkin lebih hijau, tetapi untuk menjaganya agar tetap hijau dibutuhkan banyak uang dan usaha.

Daripada Anda menghabiskan waktu untuk membandingkan apa yang Anda miliki dengan apa yang dimiliki orang lain, bahkan memaksakan diri untuk menyanggupinya hingga terjerat hutang, mulailah menghargai dan mensyukuri apa yang Anda miliki.

Dengan demikian Anda akan lebih menikmati manfaat sesungguhnya dari apa yang Anda miliki tanpa mengorbankan ketenangan untuk mempertahankannya. Belum tentu apa yang terlihat indah di luar sama dengan di dalamnya.

8. Menghabiskan Waktu Dengan Penghambur Uang

Meluangkan waktu berkumpul untuk melepaskan lelah dan ketegangan seusai bekerja merupakan bagian penting dari kehidupan. Namun pertimbangkanlah dengan siapa Anda berkumpul dan menghabiskan waktu.

Sebagian orang cenderung untuk menghabiskan waktu dengan menghambur-hamburkan uang demi mendapatkan kesenangan sesaat. Sering berkumpul bersama mereka akan dengan mudah mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih konsumtif. Dan saat Anda mulai terbiasa, maka secara tidak langsung Anda juga akan mengusahakan berbagai cara untuk dapat tetap mempertahankan gaya hidup tersebut.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda lebih selektif dalam bergaul. Berkumpullah dengan mereka yang terbiasa mencetuskan berbagai ide untuk mengembangkan dan meningkatkan kondisi finansial Anda, bukan sebaliknya.






Semoga bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda:

Blog Search

Tokoh Inspiratif

Tidak Ada Tokoh Baru

Agenda Bulan Ini

  • Tidak Ada Agenda Baru!

Artikel

Jangan Terbuai! 5 Godaan ...

09-01-2018   Koperasi  

Jangan Terbuai! 5 Godaan Teknologi ini Mengancam Kesehatan Anda ...

Miliki Mobil Pilihan ...

09-01-2018   Koperasi  

Miliki Mobil Pilihan Sesuai Pendapatan ...

Ingin Bebas Dari Hutang? ...

09-01-2018   Koperasi  

Ingin ...


Lihat Semua Artikel

Facebook Kami

Supported

  • user image
  • user image
  • user image
  • user image
  • user image
  • user image
  • Statistik

    Pengunjung hari ini : 14
    Total pengunjung : 6602
    Hits hari ini : 31
    Total hits : 17981
    Pengunjung Online : 1
    Administrator Online : 0